Driver Back Up

Jika kita sering install ulang Windows, pasti direpotkan dengan installasi berbagai driver yang ada dan dipakai pada PC. Solusi untuk mempermudah dan mempercepat installasi berbagai driver ini, kita bisa menggunakan program ini yang bisa diperoleh dengan gratis.

Apa itu driver ?
Driver ( device driver ) merupakan software yang dikembangkan oleh pembuat perangkat keras (hardware) seperti Motherboard, VGA, LAN card, sound Card dan sebagainya agar bisa bekerja dengan aplikasi atau sistem operasi yang di install di komputer. Jadi driver berfungsi sebagai perantara antara Sistem Operasi dan hardware yang dipasang di komputer.

DRIVERMAX
Merupakan software atau tool yang memungkinkan kita download driver terbaru langsung dari internet tanpa perlu susah-susah mencari sendiri atau install dari CD. Kita juga bisa meng-export hampir semua driver yang ada di komputer yang nantinya jika perlu install ulang windows, kita tinggal meng-import backup yang telah kita buat, dan tidak perlu report menginstall driver komputer satu persatu.
Program ini juga sangat bermanfaat jika komputer/PC sudah di install berbagai driver tetapi kita tidak mempunyai CD driver-nya. Atau kadang kita bingung ketika install ulang windows dan tidak tahu mana driver yang cocok untuk komputer kita.

Apa saja fitur DriverMax ?
  • Export berbagai driver hardware yang ada di komputer
  • Import driver dari driver yang sudah di export sebelumnya
  • Membuat laporan (report) tentang driver apa saja yang di install yang bisa juga di print.
  • Update dan Identifikasi driver langsung dari Internet (memerlukan koneksi internet)
  • Link ke hardware populer untuk windows XP dan vista, video card dan processor
Jika kita meng-export driver maka mungkin akan tampil informasi bahwa ada driver yang tidak bisa di backup
( tidak ada informasi driver yang di install / INF file ). Selain itu biasanya juga akan tampil banyak driver bawaan windows yang bisa kita abaikan (sudah ada ketika installasi windows), sehingga bisa mengurangi ukuran backup driver. Meskipun jika ingin di backup semua driver juga lebih aman.
Program ini bisa berjalan di sistem operasi windows XP, Vista dan Windows 2003

Mendapatkan Lisensi Key gratis


Meski software ini gratis, tetapi setelah di install, akan muncul informasi bahwa penggunaan software ini terbatas 30 hari (trial). Untuk mendapatkan lisensi key dan program bisa digunakan tannpa batasan waktu dan free, kita harus mendaftarkan diri (pendaftaran gratis).

Berikut langkahnya.
  1. Install Program yang telah di download
  2. Ketika muncul window “Evaluation version”, maka klik saja “Claim your registration code”
  3. Akan muncul “Forum Registration wizard”, Next ikuti langkah yang di tampilkan, mulai cari “Create an Account”
  4. Mengisi data diri, meliputi username, nama, dan password untuk menjadi anggota (member).
  5. Terakhir, kita masukkan email kita
  6. Setelah berhasil, maka tidak lama kemudian lisensi key akan dikirim ke email yang dimasukkan tersebut yang bisa kita gunakan untuk mengaktifkan software ini dengan klik “Enter Registration Code”.
Download Driver Max
DOUBLE DRIVER.
MUDAH DAN CEPAT BACKUP DRIVER KOMPUTER

Software gratis untuk membackup berbagai driver di Komputer, ada alternatif software lain yang juga gratis serta mungkin lebih mudah dan cepat penggunaannya, software ini dibuat oleh programmer dari Indonesia.

Apa saja fitur-fturnya dan bagaimana jika dibandingkan dengan DriverMax ? Berikut se lengkap nya.
Double Driver (DD) dikembangkan oleh Budy Setiawan Kusumah yang dapat diakses di http://www.blogger.com/www.boozet.org. Ada beberapa software gratis yang telah dibuat, salah satunya adalah Double Driver ini. Software gratis ini berfungsi mem-backup semua driver yang ada di komputer, sehingga ketika kita install ulang windows, tinggal me-restore hasil backup-nya tanpa perlu repot-repot install satu persatu.

Software ini tampil dengan antarmuka yang sederhana, sehingga user pun seharusnya tidak ke sulitan dalam menggunakannya. Berikut fitur-fitur double driver :
  • Melihat driver yang di install di komputer
  • Backup driver-driver yang terinstall
  • Restore driver
  • Menyimpan dan mencetak informasi detail driver yang ada
Jika dibandingkan dengan DRIVER MAX, Double Driver (DD) mempunyai kelebihan seperti lisensi yang gratis tanpa perlu registrasi (membuat account), tampilan yang sederhana dan mudah penggunaannya, DD juga dapat dibuat sebagai aplikasi portable. Selain itu, ketika menggunakan DriverMax, ada beberapa driver yang tidak bisa di sertakan dalam backup, tetapi dengan Double Driver masih bisa.

DRIVER MAX juga mempunyai beberapa kelebihan, seperti adanya fitur untuk mengidentifikasi driver yang belum diketahui berdasarkan database yang ada, kemampuan mengecek apakah ada update driver dari driver yang di install di PC ( termasuk pengecekan terjadwal ) serta tambahan link lokasi driver beberapa vendor terkemuka untuk Video card, processor dan driver windows Vista.

Sistem yang diperlukan :
  • Sistem operasi Microsoft Windows XP atau Vista
  • Processor (CPU) 233 MHz atau lebih cepat
  • RAM 64 MB
  • Hard Disk Space untuk aplikasi 5 MB
  • Video 800 x 600 pixel, 256 colors (rekomendasi: 1024 x 768 pixel, High Color 16-bit)
Jadi masing-masing memiliki kunggulan tersendiri, dan silahkan dipilih mana yang kira-kira pas dengan kebutuhan


Situs terkait :

http://ebsoft.web.id/

0 comments:

Post a Comment