Protect Autorun.inf

Penyebaran virus mayoritas berasal dari flashdisk atau media berbasis USB. Cara mencegahnya dengan mematikan fasilitas autorun windows. Namun satu terobosan baru telah dibuat karena melihat efek negatif fasilitas autorun windows yang sering digunakan sebagai penyebaran virus, supaya lebih aman. Ada beberapa cara antara lain:

USB Firewall.
Aplikasi buatan Net-Studio ini sangat sederhana tetapi mampu mencegah program berjalan tanpa sepengetahuan kita utamanya dari media seperti flashdisk.
USB FireWall akan mem blok semua virus dan program lainnya yang mencoba menjalankan diri melalui Flashdisk, ketika Flashdisk terpasang di komputer. Aplikasi ini akan berjalan di background dan akan segera memberikan peringatan/tanda jika ada aplikasi berjalan melalui autorun. Nah sebelum program yang berjalan ini aktif kita dapat menghentikan atau bahkan dan menghapus nya.

USB Firewall bukan anti virus yang selalu update, aplikasi ini bukan mendeteksi virus namun mendeteksi pemicu penyebaran virus. USB Firewall dapat digunakan membersihkan partisi hardisk lainnya ( misal drive C, D dlsb) dari aplikasi yang memanfaatkan autorun.

Pengoperasian
  • Install aplikasi ini
  • Aplikasi akan berjalan di background yang ditandai dengan adanya icon pada taskbar di kanan bawah.
  • Jika flashdisk atau USB device, dipasang dan ada file autorun.inf atau ada program yang berjalan tanpa sepengetahuan kita, maka program akan aktif dan menginformasikannya.
  • Berikutnya kita dapat memilih opsi yang disediakan.
Fungsi :
  1. Tombol Show Autorun.inf : menampilkan isi file autorun.inf. Sehingga bias diketahui file ini akan menjalankan aplikasi apa.
  2. Tombol Delete : menghapus file autorun.inf dan file lainnya berhubungan.
  3. Tombol Cancel : mengabaikan proses dan membiarkan jika ada file/aplikasi yang akan berjalan lewat autorun.inf
  4. Tombol Minimize : mengembalikan program berjalan di backround.
  5. Tombol Clean All Partition : melakukan scan dan menghapus file autorun yang berada di drive hardisk.


Panda USB Vaccine
Program sederhana buatan Panda ini merebak setelah adanya virus worm W32/Conficker, W32/sality, W32/virut dan sejenisnya. Peogram ini gratis tetapi cukup ampuh untuk mencegah virus membuat file autorun.inf.


Super Autorun

Aplikasi ini sama bagusnya dengan dua aplikasi terdahulu, namun ada sayangnya…..hanya efektif untuk drive/USB dengan file sistem NTFS, itupun mungkin masih memungkinkan dihapus oleh virus, meski tidak mudah.

Perbedaan antara Panda USB Vaccine dan Super Autorun hanya pada :

Jika Panda USB Vaccine akan membuat File Autorun.inf yang juga tidak bisa di edit, rename, hapus atau di modifikasi. Sehingga virus tidak akan bisa menyebar melalui file autorun.inf maka Super Autorun Folder autorun.inf.

Semoga bisa membantu...........

0 comments:

Post a Comment