Duplikat File dan Folder

Pencari File Dan Folder Duplikat
Cara mudah mengetahui file file yang sama di hardisk adalah dengan menggunakan software pencari file duplikat.

Berikut 8 program/software gratis yang mempunyai fungsi mencari file file yang sama di hardisk, selanjutnya bisa di hapus dan memastikan tidak ada file yang sama tersimpan dua kali atau lebih. Sehingga penggunaan space hardisk lebih efisien.

1. Fast Duplicate File FinderDownload
Seperti namanya, selain mampu mencari dari lokasi folder, drive atau file di jaringan, program ini juga mempunyai berbagai fitur lainnya, seperti :
- Pencarian yang cepat menggunakan algoritma binary search.
- Adanya preview baik untuk image, video, audio, text atau binary file
- Fitur Automark, untuk menandai (memilih) file duplikat secara otomatis.
- File dapat di hapus, atau dipindah ke folder lain.
Fast Duplicate File Finder tidak memberikan fitur pencarian dengan ekstensi tertentu, tetapi melalui hasil yang ditampilkan, bisa dihindari pemilihan file-file tertentu.

2. DoubleKiller - Download
DoubleKiller bersifat portable dan tidak perlu menginstall untuk menjalankannya. Ukurannya pun relatif kecil, sekitar 392 KB. Meski tampilannya sederhana, DoubleKiller memberikan berbagai fitur seperti :
- Scan Directory, Drive, atau bahkan file di Jaringan yang terhubung.
- Bisa mencari file tertentu saja, misalnya *.mp3, *.dll, *.exe dan lainnya.
- Bisa mengkombinasikan berbagai kriteria, seperti nama file, ukuran, tanggal dan isi.
- Menghapus atau memindah file yang dipilih

Jika kita ingin memilih file secara otomatis, ada menu untuk memilih file duplikat pertama atau terakhir. Untuk sistem operasi yang diperlukan, karena hanya sebuah file, dan tidak perlu installasi (portable), program ini seharusnya bisa berjalan di semua versi Windows.

3. Easy Duplicate Finder - Download
Seperti halnya program sebelumnya, Easy Duplicate Finder mempunyai fitur yang hampir sama. Scan Folder atau drive, scan dengan kriteria tertentu ( file ekstensi tertentu), proteksi file sistem dan lainnya.

Untuk mempermudah pemilihan file hasil yang ditemukan, kita tinggal klik kanan di daftar file dan bisa otomatis memilih file tertentu menurut lokasi atau tanggalnya. Easy Duplicate Finder mempunyai dua versi, portable (tanpa perlu install) dan program dengan installasi.
Ukuran : 652 KB ( Installasi, windows 95/98/Me) dan 704 KB (portable, untuk semua versi Windows).

4. Duplicate File Finder 3.5 Portable - Download
Duplicate File Finder 3.5 merupakan program pencari file yang sama dengan tampilan sederhana. Meskipun sederhana, tetapi mampu mencari file relatif cepat karena sudah menggunakan teknik multithreading dan hasilnya ditampilkan dalam daftar yang cukup memudahkan kita.

Dibanding program lainnya, Duplicate File Finder 3.5 mempunyai ukuran cukup kecil, hanya sekitar 112 KB, dengan hanya sebuah file exe dan juga bersifat Portable.

5. Duplicate Cleaner - Download
Dengan program ini, kita bisa mencari file yang sama berdasarkan konten, nama, ukuran atau tanggal. Selain itu disediakan berbagai fitur lainnya seperti :
- File filter (mencari untuk ekstensi file tertentu saja)
- Image Preview
- Selection Assistant, untuk mempermudah (kustomisasi) memilih file-file dari hasil yang ditemukan.
- Music Search, untu mencari fila audio ( MP3, WMA, OGG, APE, FLAC) berdasarkan kriteria seperti Title, Album atau Artist.

Untuk melindungi file-file penting, di bagian Options ada menu untuk memproteksi file di directory Windows, Program Files dan file EXE/DLL. Dibanding program sebelumnya, Duplicate Cleaner mempunyai ukuran installasi yang paling besar, sekitar 1.8 MB, tetapi kemampuan scan relatif cepat.

6. DirComp Portable - Download

7. Duplikat File Detector 4.5 - Download
Mencari satu persatu file duplikat pada hardisk sebesar 80 gb pasti lama sekali dan hal tersebut tidak efektif.

Keuntungan menggunakan Duplicate File Detector 4.5 adalah kita bisa mencari duplikat file atau folder duplikat , entah itu file gambar, musik, video dengan secara cepat dan efisien, sehingga hardisk kita tidak membengkak dikarenakan adanya file ganda.

Silahkan unduh aplikasinya.

8. Duplicate Find 4.11 - Download
Software Duplicate Find 4.11 ini digunakan untuk mencari file yang sama (duplikat) dalam komputer, dan bisa dihapus salah satunya duplikatnya untuk memperbanyak space pada hardsisk.

Silahkan dicoba dulu semua lalu gunakan yang sesuai dengan kebutuhan serta yang paling familiar dengan mood anda

Selamat mencoba


0 comments:

Post a Comment