Memperbaiki CD/DVD Tergores

Media penyimpanan data CD/DVD mudah mengalami masalah. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah permukaan media penyimpanan tersebut mudah tergores yang berakibat data tersimpan dalam CD/DVD yang tergores sulit dibaca atau dikenali oleh komputer. Jika memiliki data penting tersimpan di CD & DVD yang error karena bad sector atau karena tergores, ada beberapa cara dan tips trik penolong yang bias menjadi penyelamat bagi data tersebut.

Disini kami berikan tips trik nya maupun software sebagai penyelamat.

Tips Trik Manual :
  1. Jika CD/DVD kotor karena debu harus dicuci dulu dengan sedikit deterjen. 
  2. Jika CD/DVD tergores caranya sebagai berikut:
  • Gunakan pasta gigi yang halus, oles bagian bawah CD/DVD dengan sedikit pasta gigi. Usap dengan kain katun secara perlahan sesuai dengan alur lingkaran CD/DVD searah jarum jam, sampai sisa pasta hilang.
  • Gunakan Brasso yang biasa digunakan untuk membersihkan barang terbuat dari metal agar mengkilap. Cara penggunaannya sama dengan diatas.
  • Gunakan pisang segar, ambil kulitnya makan aja buahnya, setelah kenyang makan pisang mulailah pekerjaan mengusap permukaan bawah CD/DVD seperti cara diatas tapi dengan kulit pisang nya itu lho jangan keliru pakai buahnya, semprotkan pembersih kaca, lalu bersihkan.
  • Gunakan kapas + minyak, basahi kapas dengan sedikit air, bersihkan permukaan CD yang tergores dengan cara vertical selama 3  atau 4 kali, bersihkan dan keringkan air dengan kertas penyerap, ambil kapas baru basahi dengan minyak sayur  pada permukaannya, keringkan pake kertas penyerap. Sebagian partikel minyak akan tetap menempel di permukaan CD, biarkan aja karena sisa minyak yang menempel akan membantu laser CD/DVD membaca kembali permukaan CD yag tergores.
Tips Trik Software :
  1. Alcohol 120 %, bukan alcohol beneran yang dijual ditoko nih,  namun sebuah aplikasi yang namanya aja gitu, Ok dak perlu panjang lebar dijelaskan, langsung aja ke TKP nya.  Buat file ISO dengan Alcohol yang dapat di download disini - Image Making Wizard. Jika aplikasi ini masih bisa membaca permukaan CD tersebut , centang pada Skip Reading Error – Next. Biarkan dan tunggu aplikasi ini menyelesaikan tugasnya. Setelah selesai baker / burning file Iso nya ke CD/DVD blank dengan Nero, UltraIso atau aplikasi sejenis.
  2. IsoPuzzle, download nya disini . Tools ini bekerja membaca semua data yang masih dapat diselamatkan dan menyimpannya menjadi sebuah file ISO. Selanjutnya, Anda dapat membakar file tersebut pada sebuah kepingan CD/DVD yang baru.
  3. Roadkil’s Unstoppable Copier,  download nya disini. Secara hebat dan tidak terduga, tools ini akan merecovery bagian per bagian dan kemudian mempersatukan file yang terkena bad sector dan terkena bagian goresan.
Kesimpulan dari kesemuanya tips trik diatas adalah : walaupun telah terjadi kerusakan fisik CD / DVD,  tetap dapat diselamatkan datanya meskipun tidak ada jaminan total 100% , jika kondisinya memang sudah sangat parah. Untuk ini kami sarankan secara berkala cek kelayakan koleksi CD/DVD dan lakukan backup ulang secara berkala.

Posting terkait :
UltraIso

1 comments:

xdaddy said...

ini tips apik bro! saya koleksi buat referensi. matur tengkyu ya!

Post a Comment